Wednesday, April 11, 2007

Tugas PTK 1

Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi

Teknologi Komunikasi adalah seperangkat keras, struktur – struktur organisasional dan nilai – nilai sosial yang memungkinkan individu atau khalayak mengumpulkan, memproses dan saling mempertukarkan informasi dengan individu atau khalayak lain.
Selain HP ( Hand Phone ) salah satu contoh alat teknologi komunikasi yang lain adalah Komputer yang di sambungkan ke sambungan Internet. Kenapa Komputer yang disambungan ke Internet bisa dikatakan sebagai Teknologi Komunikasi?, Karena Komputer yang disambungkan ke Internet memiliki seperangkat alat keras ( Hardware ) seperti modem dan Komputer memiliki sruktur – struktur Organisasional seperti Telkomsel, Flexy, dan operator – operator lain yang berfungsi sebagai Provider. Karena tanpa adanya sambungan telepon dan provider – provider tersebut ( Telkomsel, flexy, dll ) sebuah Internet tidak bisa berfungsi seperti semestinya , dan juga memiliki nilai – nilai sosial yang memungkinkan individu atau khalayak untuk mengumpulkan, memproses dan saling mempertukarkan Informasi dengan Inividu atau khalayak lain, karena dari Internet kita dapat memperpendek jarak, contohnya saja bila kita ingin berkomunikasi dengan seseorang yang berada di luar negri kita tidak perlu harus berangkat ke luar negri untuk bertemu orang yang kita maksud. Kita cukup menggunakan Internet untuk bisa mengiri E-mail, Chatting, bahkan kita busa melihat wajahnya dengan menggunakan Web Cam sehingga kita merasa bertemu langsung dengan orangnya tanpa memerlukan banyak waktu dan membuang uang untuk pergi ke luar negri. Sekarang juga sudah banyak masyarakat Indonesia yang melakukan kuliah jarak jauh, jadi kuliah dilaksanakan dengan menggunakan Internet. Lewat internet kita juga bisa menambah wawasan kita melalui Website – website yang tersedia di situs – situs Internet.
Karena Komputer yang di sambungkan ke Internet memiliki kriteria – kriteria seperti adanya seperangkat alat keras ( Hardware ), struktur – struktur Organisasi dan nilai – nilai sosial maka komputer yang di sambungkan ke Internet dapat digolongkan sebagai Tekhnologi Komunikasi.

No comments: